Sunday 24 July 2011

LUWARASA SEORNG JEJAKA INDON (SEJARAH MOTOSIKAL)

Sejarah Permotoran: Dari RX Special, Tornado, A100X, Jincheng City hingga Vespa

02 Mei
Oke, sejarah permotoran yang akan saya tulis ini adalah sekedar sejarah permotoran saya saja, mulai dari pertama kali belajar naik motor hingga sekarang…
1. Yamaha RX Special
Sebenarnya saya gak yakin dulu motor ini yang pertama kali saya pakai untuk belajar naik motor, yang saya ingat hanya motornya Yamaha, trus ada tulisan Specialnya. Itu saja. Setelah saya kaji selidik dija adanya cuma RX Special ini, so saya simpulkan demikian.
Intinya, pertama, pas kelas 2 SMP saya baru belajar motor, beda dengan anak2 sekarang SD juga sudah bisa naik motor. Kedua, saya belajar langsung pakai motor laki, gara2nya ya disuruh latihan ma bapak sekalian ngajarin kakak(perempuan) trus punya motornya ya cuma itu, ya belajarnya pake motor itu.
Ketiga, karna gak ngerti gimana makenya, setelah lepas kopling saya langsung tancap gas, trus begitu ngerasa kok kenceng banget ya, baru deh direm. Rem depan, rem belakang dan kopling dipegang sekuat tenaga wong mau nabrak tembok pager orang je… anehnya yang dateng buat nolong bukan bapak, tapi sepupu saya…
Sejak saat itu saya tidak boleh naik mmotor lagi sama Ibu…hingga motor ini dijual, dan bapak ganti motor Suzuki A100X
2. Suzuki Tornado GS 110
Motor ini dibeli pas saya SMA kelas 2 dibeliin buat kaka saya yang mulai susah kalo mo bolak2 tempat kuliah-rumah tiap minggu, dan buat mobilitas kuliahnya yang mulai harus muter2, apalagi motor ini juga bekas sodara sendiri. Saat ini, saya sudah mulai bisa naek motor, sudah dari kelas 1, gak pake belajar langsung pinjem motor temen eh ternyata gampang, so ngakunya bisa…
Nah, motor ini lumayan sering saya pakai karena kakak sering ngalah, apalagi kalo emang kuliahnya gak mengharuskan banyak muter-muter. Kejadian yang lumayan berkesan selama make motor ini antara lain
  • kena tilang gara2 gak punya SIM pas razia, padahal lagi boncengin temen cewek, dan dia punya SIM tapi gak bisa bawa motor. 20 ribu melayang
  • stang lepas dari tangan dan motor jatuh muter sendiri di depan sekolahan, untung cuma foostepnya doang yang bengkok
  • ganti rantai di bengkel pinggir jalan karna putus pake rantai bekas, trus bayarnya kurang baru dibayar beberapa hari kemudian
  • pernah mbarengin cewek yang ditaksir, eh diboongin kalo rumahnya belok sini padahal saya tahu kalo rumahnya masih dibelokan depan
  • topspeed nyampe 110 kpj pas awak kelas 2, trus jadi 90 kpj gara-gara dipake kakak 3 bulan pas kelas 3. persnel dah diinjek bolak-balik gak nambah juga..
Motor ini dijual pas saya masih kuliah di jakarta, gak inget kenapa diual.
3. Suzuki A100X
SEbenarnya begitu Bapak menjual Yamaha RX Specialnya, Bapak mendapat motor dinas ini, kalo gak salah pas kelas 3 SMP. Namun, saya baru make ini montor  begitu saya SMA kelas 2, setelah Bapak membeli motor China (di Nomor 4) diselingi dengan Suzuki Tornado.
Motor dinas ini secara penampilan sudah hancur, emblem di tanki bensinnya dah ilang, menyisakan lubang bekas baut/klemnya… Karena lumayan sering saya pake ke kosan, say mencoba menutup tanki bensin pake cutting stiker masang sendiri, dan hasilnya tentu jelek…apalagi ketika beberapa bulan kemudian ternyata tanki bensinnya bocor, so kebingungan deh… So, motor ini pun gak dipake, cuma disimpen aja di gudang, dan baru dibalikin kantor pasa saya sudah kuliah… dan saya balik gonta-ganti sama kakak make Tornado.
Oya, selama saya pake ke sekolah, biarpun plat merah ternyata teman saya yang make Satria 2tak ternyata suka, so kadang dia suka ngajak tukeran, saya yang make Satria, dia make A100nya. Nah, disinilah saya jadi suka Satria, soale kenceng coy…
4. Jincheng City JC-110-2
Yup, bapak saya kemakan harga murah. Niatan pengen beli motor baru tapi duit gak cukup ya jadinya beli ni montor, terpengaruh temennya yang juga beli. Padahal Ibu dan Kakak sudah nyaranin buat beli Supra aja tapi kredit atau ngutang sodara, dan saya nyaranin Grand second aja, eh Bapak tetep pengen beli motor baru.
Padahal tiap hari ni montor dipeke bapak bolak balik kantor-rumah hampir 100km dengan jalanan naik turun khas pegunungan. Akhirnya belum 5 tahun ni montor dah bolak-balik ke bengkel.
Kenangan dengan motor ini ya paling sering kena masalah dijalan, ya gak mau hiduplah, jok gak mau nutuplah, kick-starter berat bangetlah, pokoknya banyak deh masalahnya. Oya, make motor ni juga pernah sekali nyerempet anak SMP sampai harus bawa sepedanya ke bengkel, untungnya orangnya gakpapa.
Motor ini sempat dibiarin aja dirumah, cuma saya pake kalo saya lagi mudik, hingga setahun lalu dijual ke pembantunya kakak senilai 2,5juta tapi pajak 10tahunannya masih harus dibayar bapak, itupun mbayarnya dicicil pake potong gaji, gak tahu sekarang lunas belum…
5. Vespa Tahun 81/89
Saya lupa ni vespa tahun berapa, wong termasuk vespa PX ato bukan saya juga gak ngerti.
tertarik Vespa pas SMA ada temen bawanya Vespa, tertarik karena belum bisa bawa saja, kok rasane susah ya kalo kopling juga ditangan.
Yang jelas bapak beli ini dari tetangga karena tentangga lagi butuh duit saja, dibeli pake 2,5juta saya pasa saya kuliah di Jakarta. Tentunya kalo pulang saya kebagiannya cuma montor ini saja. Jadi ya kemana-mana makenya ni montor. Tapi yang ada cuma prasaan kaloVespa tu boros banget ya, masak dari rumah ke kota kalo pake Tornado aja cuma butuh 1 liter, kok ni Vespa butuh 2 liter. padahal sama 2-tak.
Pernah sekali ni montor mogok dijalan, gak jelas kenapa kalo habis jalan 20 meter mati sendiri, begitu didiemin bentar bisa jalan lagi, tapi kalo dah 20meter mati lagi, sampai ada pengendara Vespa lain yang nyoba bantu tapi gak berhasil.
Kemarin pas adik kuliah, Vespa ini sempat dibawa karna motornya Supra X dijual habis dipake jatuh. Smapai di kosan, Vespa ini udah gak bisa jalan lagi, so hampir 1 tahun Vespa ni gak keluar dari garasi kosan adik saya. Kalo disuruh bawa pulang, jawabnya  pasti mo diangkut pake apa…
Baru beberapa hari kemarin Ibu bilang kalo Vespanya dah dianter pulang ma temannya adik pas selesai wisuda.
Nah, sekarang ini kalo pas pulang mudik paling tinggal ada Vespa yang belum dipake, atao kata bapak kemarin ada motor dinasnya bapak yang baru Honda Win entah tahun berapa tapi bapak sudah keluar biaya padahal baru make beberapa hari saja… tar dicobainlah….
Begitu saja dulu lah…



pitikan dari kangmase.wordpress.

No comments:

Post a Comment