Sejarah Permotoran: Dari RX Special, Tornado, A100X, Jincheng City hingga Vespa
02
Mei
Oke, sejarah permotoran
yang akan saya tulis ini adalah sekedar sejarah permotoran saya saja,
mulai dari pertama kali belajar naik motor hingga sekarang…
1. Yamaha RX Special

Intinya, pertama, pas kelas 2 SMP saya
baru belajar motor, beda dengan anak2 sekarang SD juga sudah bisa naik
motor. Kedua, saya belajar langsung pakai motor laki, gara2nya ya
disuruh latihan ma bapak sekalian ngajarin kakak(perempuan) trus punya
motornya ya cuma itu, ya belajarnya pake motor itu.
Ketiga, karna gak ngerti gimana makenya,
setelah lepas kopling saya langsung tancap gas, trus begitu ngerasa kok
kenceng banget ya, baru deh direm. Rem depan, rem belakang dan kopling
dipegang sekuat tenaga wong mau nabrak tembok pager orang je… anehnya
yang dateng buat nolong bukan bapak, tapi sepupu saya…
Sejak saat itu saya tidak boleh naik mmotor lagi sama Ibu…hingga motor ini dijual, dan bapak ganti motor Suzuki A100X
2. Suzuki Tornado GS 110

Nah, motor ini lumayan sering saya pakai
karena kakak sering ngalah, apalagi kalo emang kuliahnya gak
mengharuskan banyak muter-muter. Kejadian yang lumayan berkesan selama
make motor ini antara lain
- kena tilang gara2 gak punya SIM pas razia, padahal lagi boncengin temen cewek, dan dia punya SIM tapi gak bisa bawa motor. 20 ribu melayang
- stang lepas dari tangan dan motor jatuh muter sendiri di depan sekolahan, untung cuma foostepnya doang yang bengkok
- ganti rantai di bengkel pinggir jalan karna putus pake rantai bekas, trus bayarnya kurang baru dibayar beberapa hari kemudian
- pernah mbarengin cewek yang ditaksir, eh diboongin kalo rumahnya belok sini padahal saya tahu kalo rumahnya masih dibelokan depan
- topspeed nyampe 110 kpj pas awak kelas 2, trus jadi 90 kpj gara-gara dipake kakak 3 bulan pas kelas 3. persnel dah diinjek bolak-balik gak nambah juga..
Motor ini dijual pas saya masih kuliah di jakarta, gak inget kenapa diual.
3. Suzuki A100X

Motor dinas ini secara penampilan sudah
hancur, emblem di tanki bensinnya dah ilang, menyisakan lubang bekas
baut/klemnya… Karena lumayan sering saya pake ke kosan, say mencoba
menutup tanki bensin pake cutting stiker masang sendiri, dan hasilnya
tentu jelek…apalagi ketika beberapa bulan kemudian ternyata tanki
bensinnya bocor, so kebingungan deh… So, motor ini pun gak dipake, cuma
disimpen aja di gudang, dan baru dibalikin kantor pasa saya sudah
kuliah… dan saya balik gonta-ganti sama kakak make Tornado.
Oya, selama saya pake ke sekolah, biarpun
plat merah ternyata teman saya yang make Satria 2tak ternyata suka, so
kadang dia suka ngajak tukeran, saya yang make Satria, dia make A100nya.
Nah, disinilah saya jadi suka Satria, soale kenceng coy…
4. Jincheng City JC-110-2

Padahal tiap hari ni montor dipeke bapak
bolak balik kantor-rumah hampir 100km dengan jalanan naik turun khas
pegunungan. Akhirnya belum 5 tahun ni montor dah bolak-balik ke bengkel.
Kenangan dengan motor ini ya paling
sering kena masalah dijalan, ya gak mau hiduplah, jok gak mau nutuplah,
kick-starter berat bangetlah, pokoknya banyak deh masalahnya. Oya, make
motor ni juga pernah sekali nyerempet anak SMP sampai harus bawa
sepedanya ke bengkel, untungnya orangnya gakpapa.
Motor ini sempat dibiarin aja dirumah,
cuma saya pake kalo saya lagi mudik, hingga setahun lalu dijual ke
pembantunya kakak senilai 2,5juta tapi pajak 10tahunannya masih harus
dibayar bapak, itupun mbayarnya dicicil pake potong gaji, gak tahu
sekarang lunas belum…
5. Vespa Tahun 81/89
tertarik Vespa pas SMA ada temen bawanya
Vespa, tertarik karena belum bisa bawa saja, kok rasane susah ya kalo
kopling juga ditangan.
Yang jelas bapak beli ini dari tetangga
karena tentangga lagi butuh duit saja, dibeli pake 2,5juta saya pasa
saya kuliah di Jakarta. Tentunya kalo pulang saya kebagiannya cuma
montor ini saja. Jadi ya kemana-mana makenya ni montor. Tapi yang ada
cuma prasaan kaloVespa tu boros banget ya, masak dari rumah ke kota kalo
pake Tornado aja cuma butuh 1 liter, kok ni Vespa butuh 2 liter.
padahal sama 2-tak.
Pernah sekali ni montor mogok dijalan,
gak jelas kenapa kalo habis jalan 20 meter mati sendiri, begitu didiemin
bentar bisa jalan lagi, tapi kalo dah 20meter mati lagi, sampai ada
pengendara Vespa lain yang nyoba bantu tapi gak berhasil.
Kemarin pas adik kuliah, Vespa ini sempat
dibawa karna motornya Supra X dijual habis dipake jatuh. Smapai di
kosan, Vespa ini udah gak bisa jalan lagi, so hampir 1 tahun Vespa ni
gak keluar dari garasi kosan adik saya. Kalo disuruh bawa pulang,
jawabnya pasti mo diangkut pake apa…
Baru beberapa hari kemarin Ibu bilang kalo Vespanya dah dianter pulang ma temannya adik pas selesai wisuda.
Nah, sekarang ini kalo pas pulang mudik
paling tinggal ada Vespa yang belum dipake, atao kata bapak kemarin ada
motor dinasnya bapak yang baru Honda Win entah tahun berapa tapi bapak
sudah keluar biaya padahal baru make beberapa hari saja… tar
dicobainlah….
Begitu saja dulu lah…
pitikan dari kangmase.wordpress.
No comments:
Post a Comment